Kamis, 22 Maret 2012

Mari Berwirausaha mahasiswa


simposium kewirausahaan di banggeris unmul
           UjurUnmul, (17/3/2012) aula kampus banggris bergema ketika Indras Purwadi seorang Interpeuner sukses dan Eva Suci Ramadhani finalis muda mandiri 2011 menyampaikan kunci kesuksesan mereka berwirausaha kepada Mahasiswa Unmul. Acara yang difasilitasi oleh Hima Pendidikan Kewarganegaraan 2011/2012 ini diluar dugaan karena mereka bukan dari kalangan Ekonom yang biasaanya membahas mengenai hal tersebut.
            “sekarang ini pengangguran di Indonesia semakin banyak untuk itu perlu kesadaran berwirausaha dari seluruh kalangan, tidak menutup kemungkinan dari kalangan mahasiswa”, tutur Whyudi ketua Hima-Pkn 2011/2012.
            Wirausahawan Indonesia yang hanya 0,24 % dari total penduduk Indonesia, sungguh sangat disayangkan  sekali hal tersebut terjadi pada Indonesia yang memilki SDA & SDM yang sebenarnya dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kemakmuran rakyat.
            Jika dilihat dari kondsi rill di Kaltim saat ini 10,21% terdiri dari pengangguran (Sarjana=15,5% & Diploma=17,6%), melihat dari kondiri ini harus ada gerakan untuk menciptakan wirausahawan di daerah ini sehingga dapat meminimalkan pengangguran karena daerah kaltim adalah salah satu daerah yang sangat potensial sebagai tempat untuk memulai usaha.
            Indras purwadi Enterpeuner segudang pengalaman pun di hadirkan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa, ia menuturkan 4 kunci sukses yaitu tujaun, kecintaan, tim, dan ulet. Keempat hal tersebut akan mampu mengantarkan kita menuju kesuksesan tuturnya.
            Ketika ingin memulai usaha rasa bingung dan takut yang muncul haruslah dihilangkan karena dapat menghalangi kita menuju kesuksesan. Bagaimana kita mengubah peluang menjadi uang dengan modal yang kita miliki merupakan langkah kita menjadi seorang enterpreneur.
            “usaha itu ibarat panjat pinang, selalu perlu perjuangan untuk menjapai puncaknya”. Tegas Indras Purwadi.
            Kemudian mba Eva sapaan akrab untuk Eva Suci Ramadhani yang masih mencatatkan dirinya sebagai mahasiswa aktif di FKIP Unmul pun memberikan kunci kesuksesan yang ia raih dengan “Markas Burger” nya.
            “Jadi yang berbeda, antusias, dan jangan menjadi orang rata-rata”, tegas mba Eva  mengenai kunci suksenya.
            Berkumpul dengan orang yang berfikiran positif, membuat target kehidupan, dan pilih yang disukai. Akan membantu kita menjadi seorang Enterprenuer yang sukses, yang tidak hanya menyenangkan diri sendiri tetapi juga kepada orang lain. Modal bukanlah menjadi penghalang utama kita untuk memulai usah akan tetapi keragu-raguan untuk memulai usaha kitalah yamg menjadi penghalangnya.[] baim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar